Rabu, 17 Oktober 2012

Koperasi Jasa Keuangan PEMK Kel.Selong

Profil Koperasi
Koperasi Jasa Keuangan PEMK ini berdiri pada bulan Januari 2011. Koperasi ini dimiliki oleh UPDB PEMK (Urut Pemberdayaan Dana Bergulir). Awal tujuan koperasi ini didirikan adalah untuk memudahkan masyarakat sekitar memperoleh modal dalam menjalankan usahanya. Di koperasi ini tidak menjual produk-produk tetapi koperasi ini hanya menjalankan simpan pinjam uang saja. Pemasaran yang dilakukan oleh koperasi adalah dengan cara melalui Jemput Bola. Di koperasi ini terdiri dari 4 pengelola, 3 pengurus, dan 1 pengawas.

Data keuangan yang dimiliki oleh koperasi adalah Lap.Keuangan (L/R dan Neraca), Kolektibilitas Pembayaran, Rekap mutasi harian. Koperasi ini menggunakan sistem akuntansi yaitu SIPEMK 2010 (sistem informasi) yang diperoleh dari pemerintah. Dengan menggunakan sistem akuntansi SIPEMK, koperasi dapat berjalan dengan lebih mudah.

Harta Koperasi
Koperasi tidak melakukan penjualan barang jadi, melainkan hanya melakukan simpan pinjam uang saja, begitu juga dengan kredit yang ditawarkan hanya baru berupa simpan pinjam. Dan koperasi sering membeli peralatan kantor seperti ATK. Koperasi ini belum memiliki bangunan tetap ataupun kendaraan sendiri karena koperasi memiliki harta yang dijadikan satu dengan kelurahan.

Hutang Koperasi
Koperasi ini tidak pernah melakukan transaksi secara kredit yang lebih didominasikan dengan cara tunai. Dan koperasi ini pun belum dikenakan pajak penjualan. Koperasi pun mendapatkan dana daripemerintah jadi tidak perlu eminjam uang di Bank atau lembaga lainnya untuk mendapatkan modal.

Modal Koperasi
Koperasi ini berdiri tidak dengan menggunakan modal sendiri melainkan modal tersebut didapatkan dari pemerintah. Pemilik koperasi pun tidak pernah melakukan penarikan tunai untuk keperluan pribadi dikarenakan dana diperoleh dari pemerintah. Keuntungan yang diperoleh dan dijadikan modal untuk kegiatan selnjutnya adalah dengan menggunakan laba koperasi.

Beban operasional yang sering dibayar koperasi adalah biaya transport dan biaya fotocopy. Selain beban operasional itu koperasi juga membayar beban adm.umum, ATK, biaya pembelian materai.

Anggota koperasi saat ini: 4 pengelola (manager, pembukuan, marketing, kasir)
pengawas 1 dan 3 pengurus (ketua, sekretaris, dan bendahara)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar